Sistem Pendukung Keputusan - Berikut Penjelasannya


Hello semuanya balik lagi dengan penulis disini. Kali ini saya akan menjelaskan apa sih itu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau nama inggrisnya adalah Decision Support System. Penulis tertarik menjelaskan ini dikarenakan ini merupakan topik skripsi dari penulis. Daripada kita terlalu lama di bagian pembukaan akan saya jelaskan sajalah tentang SPK itu seperti apa.

PENGERTIAN


Sistem pendukung keputusan adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan dalam mengkomunikasikan suatu masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam 2 kondisi yakni semi terstruktur dan tidak terstruktur. pasti kalian bertanya-tanya kenapa tidak termasuk dengan kondisi terstruktur?. Jadi begini spk itu dia menghandle hanya 2 kondisi tersebut apabila untuk mengatasi kondisi terstruktur maka yang dibutuhkan adalah Transaction Processing System (TPS).

TIPE KEPUTUSAN

Dalam menentukan sebuah keputusan juga terdapat beberapa tipe diantaranya adalah:

1. Keputusan terstruktur

Definisi dari keputusan terstruktur adalah keputusan yang berulang-ulang atau rutin. Tipe keputusan ini sering terjadi pada manajemen tingkat bawah. Contohnya adalah: Pegawai sebuah perusahaan pada setiap awal bulan pada minggu kedua selalu mengadakan doa bersama yang sudah ditetapkan oleh manajer.

2. Keputusan semi terstruktur

Definisi dari keputusan semi terstruktur adalah keputusan yang sebagian belum pernah dihadapi namun di beberapa kesempatan keputusan itu terjadi keputusan yang sering dihadapi oleh si pengambil keputusan. Tipe keputusan ini membutuhkan analisa yang terperinci, dan sering terjadi pada pihak manajemen tingkat menengah. Contohnya adalah: Seorang manajer keuangan di sebuah perusahaan besar di hadapi dengan kendala dalam perusahaannya yakni sebuah mesin printer yang dimiliki perusahaan rusak dan diperlukan pergantian. Disini seorang manajer keuangan di tuntut untuk memikirkan secara cermat dan terperinci dalam melakukan investasi untuk pembelian sebuah mesin printer baru agar investasi yang telah dikeluarkan perusahaan tidak sia-sia atau menjadi rugi.

3. Keputusan tidak terstruktur

Definisi dari keputusan tidak terstruktur adalah keputusan yang sama sekali belum pernah dihadapi oleh si pengambil keputusan. Tipe keputusan ini sering terjadi pada level top manajerial atau yang sering disebut manajer tingkat atas atau CEO. Contoh kasus pada kasus ini adalah: Seorang CEO dipusingkan terhadap kondisi keuangan perusahaannya akibat dampak ekonomi global. Disini keputusan sang CEO sangat menentukan kelangsungan dari perusahaan tersebut agar  perusahaan tersebut masih terus bertahan terhadap terjangan kelesuan ekonomi global dengan membuat gebrakan terbaru.

KOMPONEN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

Dalam sistem pendukung keputusan itu terdapat beberapa komponen pendukung diantaranya adalah:

1. Manajemen data

Merupakan komponen SPK yang meliputi basis data yang berisi data-data yang relevan dengan keadaan dan dikelola oleh perangkat lunak yang disebut Database Management System (DBMS).

2. Manajemen Model

Merupakan komponen SPK yang merepresentasikan permasalahan dengan format kuantitatif (model matematika) sebagai dasar pengambilan keputusan. Manajemen model memungkinkan pengambil keputusan menganalisa secara keseluruhan dengan mengembangkan dan membandingkan dengan solusi alternatif yang tersedia.

3. User Interface (Pengelolaan Dialog)

Merupakan komponen SPK yang digunakan oleh user untuk berkomunikasi dengan dan memberi perintah kepada sistem.

MANFAAT SPK

  1. Memperluas kemampuan pengambil keputusan dalam memproses sebuah data
  2. Membantu pengambil keputusan memecahkan masalah yang kompleks dan tidak terstruktur
  3. Walaupun tidak serta membantu 100% permasalahan yang dimiliki si pengambil keputusan. Namun, sistem pendukung keputusan mampu menjadi stimulan bagi si pengambil keputusan dikarenakan dalam sistem pendukung keputusan sendiri disajikan berbagai alternatif pemecahan bagi permasalahan si pengambil keputusan tersebut

0 Response to "Sistem Pendukung Keputusan - Berikut Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel