Mari Membahas Framework Secara Lengkap | duniapemrogramanque


duniapemrogramanque.blogspot.com - Buat untuk sebagian besar programmer mungkin kata framework mungkin tidak asing di telinganya, dikarenakan framework dapat membantu para programmer dalam membangun aplikasi yang sedang dibangunnya. Nah buat yang belum tau apa itu framework tenang, karna kita akan mengupasnya secara lengkap disini.

Apa itu framework?

Framework adalah sebutan untuk kerangka kerja yang digunakan oleh para developer aplikasi untuk mempermudah pekerjaan mereka dalam mengembangkan sebuah aplikasi baru. Dalam framework sendiri berisikan fungsi dasar dan perintah yang lazim digunakan seorang developer dalam mengembangkan aplikasinya, dengan harapan aplikasi yang tengah dibangun bisa lebih terstruktur, lebih cepat serta lebih rapi dalam sintaksisnya.

Dengan menggunakan framework bukan berarti kita bisa terbebas dalam pengkodean. Karena sebagai seorang developer kita tetap harus menggunakan fungsi-fungsi dan variabel yang digunakan oleh framework yang sedang kita gunakan 

Apakah framework memiliki jenis-jenisnya?

Yap betul. Framework itu sendiri dapat terbagi-bagi lagi sesuai kegunaanya, semisal dalam dunia pemrograman terbagi atas beberapa tipe development semisal Framework Web, Framework Desktop, Framework Mobile. Nah masing-masing framework yang disebutkan tadi memiliki kegunaan masing-masing seperti framework web digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web, framework desktop digunakan untuk membangun aplikasi berbasis desktop, framework mobile digunakan untuk membangun aplikasi berbasis mobile.

Secara umum framework itu sendiri tersusun menggunakan struktur MVC (Model, View, Controller) yang dapat digunakan developer untuk dapat mengelompokkan fungsi-fungsi seperti inputan, proses, dan output dari sebuah aplikasi.

Beberapa contoh framework yang ada dalam dunia pemrograman:
  • Contoh framework berbasis desktop seperti: JavaFx, Net, Electron dll.
  • Contoh framework berbasis web seperti: Yii2, Symfony, Laravel dll.
  • Contoh framework berbasis mobile seperti: Ionic, Jo, Cordova dll.

Kak apa sih manfaat framework itu?

Waduh. banyak sekali sih manfaat framework itu bagi seorang developer. Nah berikut manfaat yang kamu rasakan ketika menggunakan framework:
  1. Mempercepat proses pembuatan suatu aplikasi
  2. Aplikasi yang dihasilkan lebih stabil dan handal
  3. Memudahkan developer dalam melakukan dokumentasi
  4. Dalam urusan security sudah lebih baik ketimbang membuat aplikasi dari awal
Nah itu saja yang mungkin bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Tetap semangat dalam belajar. Keep Coding :)

0 Response to "Mari Membahas Framework Secara Lengkap | duniapemrogramanque"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel