Berikut Susunan Warna Kabel LAN agar Tersambung dengan Internet


Pada kesempatan kali ini. Kali ini penulis akan membahas materi tentang kabel LAN/UTP. Kabel LAN/UTP merupakan salah satu alat yang biasa dipakai dalam jaringan komputer untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat yang lainnya.

Terdapat dua jenis pemasangan atau instalasi kabel LAN yang sering digunakan yaitu Kabel LAN jenis Staright dan Kabel LAN jenis Cross. Keduanya jenis kabel tersebut memiliki fungsi yang berbeda yakni :


  • Kabel LAN/UTP Jenis Straight berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang berbeda, contohnya menghubungkan komputer ke Switch atau router, menghubungkan komputer ke modem, dsb
  • Kabel LAN/UTP Jenis Crossover berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang sama atau sejenis, contohnya menghubungkan komputer ke komputer secara langsung, menghubungkan switch ke switch, dsb
  • Kabel LAN/UTP sendiri memiliki 8 (delapan) urat kabel dengan warna yang berbeda-beda (dapat dilihat pada gambar di atas).


Dalam pemasangan/pembuatan kabel LAN/UTP, baik jenis straight maupun cross, terdapat standar urutan warna nya.

Berikut adalah Susunan Warna Kabel LAN Straight Dan Crossover:

Urutan / Susunan Warna Kabel Straight Dan Crossover

Urutan Standar Warna Kabel LAN Straight
Urutan / Susunan Warna Kabel Kabel LAN/UTP Straight Dan Crossover.
Pada kabel LAN jenis straight, kedua ujung kabel memiliki urutan warna yang sama, yakni :

Susunan warna kabel LAN straight

  1. Putih-Orange
  2. Orange
  3. Putih-Hijau
  4. Biru
  5. Putih-Biru
  6. Hijau
  7. Putih-Coklat
  8. Coklat

Urutan Standar Warna Kabel LAN Crossover
Urutan / Susunan Warna Kabel Kabel LAN/UTP Straight Dan Crossover.
Pada kabel LAN jenis cross, dua ujung kabel memiliki urutan warna yang berbeda antara ujung yang satu dengan ujung yang satunya lagi. Di ujung kabel yang satu, urutan warnanya sama dengan urutan kabel jenis straight di atas, sedangkan pada ujung kabel yang satunya lagi, urutan warna nya adalah seperti berikut ini :

susunan warna kabel LAN Crossover

  1. Putih-Hijau
  2. Hijau
  3. Putih-Orange
  4. Biru
  5. Putih-Biru
  6. Orange
  7. utih-Coklat
  8. Coklat

Catatan: Sebenarnya untuk pemasangan kabel LAN, baik itu jenis straight ataupun cross, urutan warnanya tidak harus seperti itu, itu hanya urutan standar saja.

Boleh saja anda tidak mengikuti urutan warna tersebut dengan aturan :


  • Apabila jenis straight yang anda pasang, “urutan warna pada masing-masing ujung HARUS sama”.
  • Apabila jenis cross yang anda pasang, Di ujung kabel yang kedua,“urutan warna yang pertama tukar posisi dengan urutan warna yang ketiga” pada ujung kabel yang pertama anda pasang dan “urutan warna yang kedua tukar posisi dengan urutan warna yang ke-enam” pada ujung kabel yang pertama anda pasang.

Saya rasa cukup sekian tentang Urutan Warna Kabel LAN/UTP Straight Dan Cross, semoga artikel ini bisa membawa pengetahuan baru untuk anda. Jangan lupa klik iklan ya apabila anda terbantu dengan artikel ini

0 Response to "Berikut Susunan Warna Kabel LAN agar Tersambung dengan Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel