Pengertian Geografis


Hello semuanya kita kembali lagi hehehe. Semoga sehat selalu wahai para pembaca setiaque, kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa sih itu geografi? disini saya akan mencoba menjelaskan kembali mengenai geografi se mengerti saya ya :). Kebetulan kemarin saya dapat nilai A di mata kuliah sistem informasi geografis atau SIG. Daripada memperpanjang mukadimah kita mulai saja penjelasannya guys.

PENGERTIAN

Kata geografi berasal dari sebuah bahasa yunani yaitu ge berarti "Bumi" dan graphein yang memiliki arti "menulis" atau "menjelaskan". Geografi sendiri adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari mengenai lokasi serta persamaan dan perbedaan ruang dari fenomena fisik dan manusia yang berada di atas permukaan bumi. Geografi tidak hanya bisa menjawab tentang apa dan dimana suatu benda berada diatas permukaan bumi, melainkan juga menjawab mengapa bisa berada disitu dan tidak di tempat lain, baik itu disebabkan oleh manusia ataupun alam.

Lalu dalam ilmu geografi juga ada yang namanya yaitu fenomena. Kata fenomena juga berasal dari bahasa yunani  phainomenon dari kata phainein yang berarti "memperlihatkan". Jadi fenomena memiliki definisi yaitu segala sesuatu yang mampu diamati, meskipun memerlukan sebuah perangkat untuk mengamati, merekam, ataupun mengkompilasi datanya.

PERTANYAAN SEPUTAR GEOGRAFI

Dalam geografi itu sendiri tak pernah lepas dari pertanyaan-pertanyaan umum yang menyelimutinya. Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai geografi:
  1. Lokasi
  2. Distribusi atau Penyebaran
  3. Asosiasi
  4. Interaksi
  5. Perubahan
baiklah sekarang kita akan membahas dari 5 pertanyaan diatas menjadi lebih terinci lagi yaitu:
  • Lokasi
Lokasi adalah sesuatu yang berkaitan dengan posisi suatu fenomena diatas permukaan bumi. Pertanyaan yang sering diajukan mengenai lokasi adalah:
  1. Dimana?
  2. Kenapa disana?
  3. Berapa banyak yang ada disana?
  • Distribusi atau Penyebaran
Distribusi adalah bagaimana menggambarkan suatu fenomena tersebar di permukaan bumi. Pertanyaan yang sering diajukan mengenai distribusi adalah:
  1. Apakah memiliki dampak secara lokal atau global?
  2. Apakah secara keruangan terkumpul atau tersebar?
  3. Dimanakah Batasnya?
  • Asosiasi
Asosiasi mengacu pada bagaimana hal-hal terkait satu sama lain didalam suatu ruang. Pertanyaan yang sering diajukan mengenai Asosiasi adalah:
  1. Apa lagi yang berada dekat dengannya?
  2. Apa lagi yang terjadi berikutnya?
  3. Apa yang tidak ada dengan kehadirannya?
  • Interaksi
Interaksi ialah bagaimana menjelaskan keterkaitan dan hubungan antar tempat. Pertanyaan yang sering diajukan mengenai Interaksi adalah:
  1. Apakah terkait dengan sesuatu yang lain?
  2. Apa sifat dari hubungan ini?
  3. Berapa banyak interaksi antar lokasi?
  • Perubahan
Perubahan acap kali mengacu pada keberadaan, perubahan, atau hilangnya sebuah fenomena di permukaan bumi.. Pertnyaan yang sering diajukan mengenai Perubahan adalah:
  1. Apakah selalu berada disana?
  2. Bagaimana perubahannya dari masa ke masa?
  3. Apa yang menyebabkan penyebaran atau penyusutannya?

KONSEP GEOGRAFIS

Layaknya berbagai bidang ilmu lainnya geografi juga memiliki konsep dalam ilmunya berikut konsep dari geografi meliputi yakni:
  1. Lokasi
  2. Arah
  3. Jarak
  4. Ruang
  5. Navigasi
Nah saya akan menjelaskan lebih rinci lagi mengenai 5 konsep diatas adalah:
  • Lokasi
Secara nominal, lokasi didefinisikan hanya dengan nama dari suatu posisi titik tertentu yang terdapat pada permukaan bumi.
Secara absolut, lokasi menggunakan sistem referensi tertentu guna menentukan posisi di suatu permukaan bumi. Misalnya menggunakan koordinat Latitude dan Longtitude, menggunakan nama jalan dan kode pos. Koordinat geografis dari nama jalan dan kode pos dapat diperoleh melalui suatu proses yang bernama geocoding. Geocoding sendiri adalah proses mengaitkan latitude dan longtitude kepada fenomena di permukaan bumi.
Secara relatif, lokasi didefinisikan dengan mengaitkan suatu lokasi dengan lokasi yang dikenal. Contohnya seperti lokasi mall SKA di pekanbaru terletak diseberang mall Living world yang berada di jalan soekarno hatta.
  • Arah
Arah sering kali mengacu pada sesuatu relatif terhadap titik acuan tertentu. Dalam mendefiniskan arah terdapat beberapa patokannya yakni:
  1. True North : berdasarkan pada titik dimana sumbu rotasi bumi memotong, yaitu kutub utara dan selatan
  2. Magnetic North :berdasarkan titik pada permukaan bumi dimana medan magnet bumi menyatu dan juga merupakan titik dimana kompas magnetik biasanya menunjuk. Arah magnetic north berada di suatu tempat di utara kanada dan tidak bertepatan pada kutub utara dan selatan
  3. Grid North : mengacu pada arah utara dari grid latitude dan longtitude yang berada pada peta.
  • Jarak
Jarak adalah pemisah antara dua buah lokasi yang dapat diukur secara nominal (misalnya jaraknya jauh atau dekat) ataupun dengan absolut (dalam standar metrik). Perhitungan jarak antara dua lokasi di permukaan bumi biasanya menggunakan rumus Haversine. Rumus Haversine memberikan jarak lingkaran besar antara dua titik berdasarkan garis latitude dan longtitude.
  • Ruang
Ruang menunjukan wilayah geografis baik itu keseluruhan ataupun sebagian.
  • Navigasi
Navigasi adalah penentuan suatu lokasi dan arah perjalanan melalui ruang.

Huft lelah juga menulis sebanyak ini, tapi penulis tetap semangat membagikan ilmu kepada anda-anda semua sebagai ladang ilmu dan juga berharap adsense sih wkwkwkwkw. Itu aja yang bisa saya jelaskan dalam artikel ini nantikan artikel-artikel lainnya mengenai SIG di blog ini.
Stay tune :)

0 Response to "Pengertian Geografis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel