Yuk Kenalan Dengan Bahasa Pemrograman Java


PENGANTAR

duniapemrogramanque.blogspot.com - Sebelum kita masuk dalam pembahasan alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu mengenai asal muasal dari bahasa pemrograman yang satu ini. Bahasa pemrograman java itu sendiri lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan yakni awal tahun 1991 hingga musim panas pada tahun 1992. Proyek tersebut dinamakan dengan nama Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling, dan serta 9 programmer lainnya yang berasal dari Sun Microsystem. Nama Oak itu sendiri diambil dari nama pohon oak yang tumbuh pada depan jendela kerja ruangannya "bapak java" yaitu James Gosling. Namun naas, nama oak itu sendiri sudah terdaftar pada lembaga dagang, sehingga digantilah namanya menjadi "Java" Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon katanya kopi ini berasal dari pulau jawa maka dari itu dinamakanlah Java (arti java itu sendiri dalam bahasa inggris adalah jawa).

Java merupakan bahasa pemrograman yang mendukung untuk multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan program dengan bahasa java maka anda dapat menjalankannya hampir di semua perangkat yang mendukung java sama seperti slogannya yakni Write Once, Run Anywhere (WORA).

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

KELEBIHAN
  1. Multiplatform. Kelebihan utama dari java ialah multiplatform, dengan kelebihan ini programmer cukup menulis sekali saja program lalu di kompile dan hasilnya mampu dijalankan diatas beberapa platform tanpa perubahan. Contohnya suatu program java dikembangkan pada os Linux dan akan berjalan dengan baik bila berjalan di windows ataupun android.
  2. OOP (Object Oriented Programming). Java sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mendukung penuh konsep OOP.
  3. Library yang lengkap. Java terkenal dengan lengkapnya library yang disediakannya, dengan library yang sangat besar membantu programmer untuk membangun aplikasinya dengan cepat. Dengan kelengkapan library dan juga dukungan komunitas yang besar membuat munculnya library-library yang baru juga semakin cepat.
  4. Dinamis. Sifat dinamis erat kaitannya dengan kemampuan bahasa pemrograman java dikarenakan mudah untuk dikembangkan.

KEKURANGAN

  1. Penggunaan memori yang boros. Bahasa pemrograman java memang menawarkan banyak sekali fitur yang luar biasa menggoda untuk digunakan. Namun, semua kelebihan tersebut harus dibayarkan dikompensasi dengan kebutuhan memori yang cukup besar.
  2. Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode menjadi kode sumber. Ini memungkinkan bahwasannya algoritma program yang kita buat menjadi rentan akan dibajak (reverse engineering).
Nah sekian dari saya mengenai bahasa pemrograman java. Happy Coding

0 Response to "Yuk Kenalan Dengan Bahasa Pemrograman Java"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel