Cloud Computing - Berikut Penjelasan Lengkapnya


Pengertian Cloud Computing

duniapemrogramanque.blogspot.com - Bagi beberapa orang istilah cloud computing atau nama lainnya adalah komputasi awan merupakan sesuatu asing bahkan bagi sebagian orang sama sekali tidak mengetahui tentang istilah tersebut. Tetapi, keberadaan cloud computing pada era saat ini sangat era dalam kehidupan sehari-hari masyarakat kita seperti email, google drive, dan buat pecinta game mungkin akrab dengan namanya steam. itulah beberapa contoh kecil dari penerapan cloud computing.
Pengertian cloud computing adalah merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi guna menjalankan suatu aplikasi atau program melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama.
Teknologi komputer yang memiliki basis cloud computing memungkinkan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga informasi si pengguna layanan. Cloud computing memungkinkan para pengguna menggunakan sebuah aplikasi tanpa harus si pengguna menginstalnya pada device mereka (tidak perlu instalasi terlebih dahulu seperti aplikasi pada umumnya) dan juga memungkinkan si pengguna mengakses data pribadi mereka dimana saja asal memiliki koneksi internet.

Cara kerja

Ilustrasi alur kerja cloud computing

Sistem cloud bekerja terus menerus tanpa henti melayani pengguna melalui internet. Semua aktifitas yang dilakukan oleh pengguna akan dikirimkan kepada server pusat dan siap untuk digunakan kapanpun oleh si pengguna layanan cloud. 
Cara kerja selanjutnya adalah yakni memungkinkan pengguna menjalankan suatu aplikasi dan segala aktifitas yang dilakukan pada aplikasi tersebut akan disimpan kembali pada server. End user dan komputer server yang disimpan oleh switch maupun router untuk meng-extend jaringan yang ada. Sehingga kita bisa melihat atau menjalankan aplikasi tersebut kapanpun dan dimanapun asal memiliki jaringan internet tentunya.
Contoh implementasinya ialah seperti lewat penggunaan email, baik itu yahoo atau gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus kita mendownload softwarenya terlebih dahulu untuk menggunakannya. Pengguna hanya perlu jaringan internet saja dan semua data dikelola oleh yahoo dan google.

Jenis layanan-layanan cloud computing

1. SAAS (Software as a Service)
Jenis layanan satu ini menyediakan aplikasi yang siap pakai atau yang tujuan pemasarannya yakni end user (pengguna akhir). Sehingga user tidak direpotkan dengan membangun aplikasi dari awal, pengguna hanya tinggal menikmatinya saja. Contoh dari layanan jenis ini adalah Gmail, Yahoo mail, twitter, facebook dll.

2.  PAAS (Platform as a Service)
Jenis layanan ini berfungsi untuk menyewakan tempat bagi para pengguna untuk menjalankan aplikasinya tersebut. Pengguna tidak perlu repot-repot untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu karna sudah dihandle oleh penyedia, pengguna hanya fokus untuk membangun aplikasi dan menjalankannya Contohnya Amazon web service, Google App Engine, Microsoft Azure

3. IAAS (Infrastructure as a Service)
Jenis layanan ini menyediakan infrastruktur IT untuk para penggunannya yang mana dalam layanan tersebut berbasis cloud. Infrastruktur yang disediakan bisa seperti hardware contohnya memori, hardisk atau jenis server. 
Cloud provider pada layanan ini hanya menyediakan infrastruktur sesuai dengan permintaan pengguna di awal. Apabila anda menginginkan upgrade, maka anda harus menghubungi cloud provider tersebut. Contoh cloud provider yakni Amazon EC2, Rackspace cloud dll.

Manfaat cloud computing

  1. Data aman, dikarenakan back up data ada di server pusat.
  2. Fleksibilitas dan skala yang tinggi.
  3. investasi jangka panjang.
Nah sekian yang bisa penulis jabarkan mengenai cloud computing. Untuk penjelasan lainnya nantikan saja di blog https://duniapemrogramanque.blogspot.com/.

0 Response to "Cloud Computing - Berikut Penjelasan Lengkapnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel