Yuk Kenalan Dengan Matlab


Apa itu matlab?

duniapemrogramanque.blogspot.com - Matlab (Matrix Laboratory) adalah sebuah program untuk menganalisis dan mengkomputasi data numerik. Matlab juga merupakan bahasa pemrograman matematis tingkat tinggi yang dibentuk dari dasar pemikiran yang menggunakan dasar sifat dan bentuk matriks yang dikembangkan oleh The MathWorks. Matlab memungkinkan seseorang untuk memanipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data, implementasi suatu algoritma tertentu, pembuatan interface untuk end user. Lalu pada tahun 2004, MathWorks selaku pengembang dari Matlab mengklaim bahwasannya Matlab telah digunakan lebih dari satu juta pengguna dari dunia pendidikan dan industri.

Sejarah

Matlab diciptakan pada tahun 1970an akhir oleh seseorang yang bernama Cleve Moeler, yang kemudian menjadi ketua departemen ilmu komputer di Universitas New Mexico. Ia awal mulanya merancang Matlab yaitu untuk memudahkan mahasiswanya dalam menggunakan LINPACK dan EISPACK tanpa harus mempelajari Fortran terlebih dahulu. Kemudian pada tahun 1983, Jack Little menyadari potensi besar dari komersialnya. Lalu Jack little bergabung dengan Cleve Moeler dan Steve Bangert, mereka menulis ulang Matlab menggunakan bahasa C, kemudian mendirikan perusahaan yang bernama THe MathWorks pada tahun 1984. 

Implementasi Matlab

Matlab banyak sekali digunakan untuk kalangan pelajar, teknisi, dan juga pengajar pada universitas. Berikut merupakan beberapa implementasi dalam berbagai disiplin ilmu:


1. MATEMATIKA
sebagai cabang ilmu yang dikenal dengan sebutan "the mother of science" sudah barang tentu. Matlab dapat membantu untuk memecahkan berbagai permasalahan matematika baik perhitungan biasa, simulasi fungsi ataupun pemodelan matematis.

2. STATISTIKA
Statistika adalah salah satu cabang ilmu dari matematika yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, interpretasi, dan presentasi data. Matlab juga menyediakan berbagai tools statistik seperti time series, neural network, dll

3. FINANSIAL
Permasalahan finansial dapat juga diselesaikan dengan matlab seperti inflasi, suku bunga, maupun permasalahan komplex lainnya. 

4. TEKNIK DAN KOMPUTASI
Matlab dapat membantu dalam perancangan suatu sistem dan analisis suatu algoritma. Tersedia berbagai macam tools seperti fuzzy logic designer, control system tuner, control system designer, linier system analyzer, neuro fuzzy designer, dan system identification.


0 Response to "Yuk Kenalan Dengan Matlab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel