Apa sih E-Government Itu? - Yuk Kita Bahas


Pengertian

duniapemrogramanque.blogspot.com - E-Government atau nama lainnya ialah pemerintahan elektronik adalah suatu upaya dalam mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronis, dimana dilakukannya suatu penataan sistem manajemen dan proses kerja dilingkungan pemerintahan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. 

Fungsi

E-government memiliki fungsi yakni untuk meningkatkan mutu dari layanan publik. Dimana melalui pemanfaatan teknologi informasi dan juga komunikasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah agar dapat terbentuk kepemerintahan yang bersih, transparan, dan juga bertanggung jawab supaya dapat menjawab tuntutan perubahan global secara efektif.

Model E-Government

1. Government to citizens (G2C)
Government to citizens merupakan bentuk model pelayanan dimana penyampaian suatu layanan publik yang sifatnya satu arah oleh pemerintah ke masyarakat yang mana memungkinkan terjadinya pertukaran informasi diantara kedua belah pihak. Contohnya: Pajak online, Info beasiswa pemprov/pemkot, penanggulangan bencana dll.


2. Government to business (G2B)
Government to business merupakan bentuk model pelayanan dimana adanya transaksi-transaksi elektronis yang mana pemerintah menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh kalangan pebisnis untuk bertransaksi dengan pemerintah ataupun sebaliknya. Contohnya: E-Procurement, hak paten merek dagang, pajak perseroan dll.

3. Government to government (G2G)
Goverment to goverment merupakan bentuk model pelayanan dimana adanya pertukaran informasi diantara lembaga pemerintahan. Contohnya: www.embassyofindonesia.org, pelayanan masyarakat terpadu dll

4. Government to employee (G2E)
Government to employee merupakan tipe hubungan dimana ditujukan untuk pegawai pemerintahan guna meningkatkan kinerjanya dan juga meningkatkan kesejahteraan para pegawai yang bekerja di instansi pemerintahan. Contohnya: www.sdm.depkeu.go.id

Untung rugi E-Government

Keuntungan
  1. Memperbaiki kualitas pelayanan yang diberikan pemerintah
  2. Meningkatkan transparansi kontrol guna mencapai good governance
  3. Mengurangi biaya administrasi yang dikeluarkan pemerintah.
  4. Informasi mudah diperoleh
Kerugian
  1. Semakin rentan akan hacking
  2. Kurangnya kesetaraan dalam akses publik untuk keandalan, informasi di web, dan agenda tersembunyi dari pemerintah yang dapat mempengaruhi opini publik.

0 Response to "Apa sih E-Government Itu? - Yuk Kita Bahas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel