Yuk Berkenalan Dengan GoLang

Apa sih GoLang itu?

duniapemrogramanque.blogspot.com - Go atau biasa dikenal dengan sebutan GoLang (Go Languange) merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2007 oleh Robert Griesmer, Rob Pike, dan Ken Thompson dan baru dirilis untuk umum pada tahun 2009 dengan tujuan yakni untuk meningkatkan produktivitas programming bagi kalangan programmer.

Apa sih keunggulan dan kekurangan GoLang?

Ada beberapa kehebatan ataupun kekurangan dari GoLang ini. Yuk kita bahas satu persatu.

Keunggulan
  1. Mudah untuk dipelajari. Diantara bahasa pemrograman lainnya, dikarenakan GoLang memiliki gaya sintaksis yang lebih simple. Sehingga dapat menghemat waktu untuk mencari istilah-istilah yang rumit dan juga kemudahan ini dapat dirasakan oleh programmer yang menggunakan gaya sintaksis yang berbeda sekalipun.
  2. Lebih cepat. GoLang mampu dikompilasi ke dalam kode mesin sehingga dapat melampaui bahasa pemrograman lainnya yang bekerja dengan virtual machine. Inii menjadikan GoLang sebagai bahasa pemrograman yang cepat dalam kompilasi.
  3. Mempunyai garbage collector. Sistem pengelolaan memori pada GoLang lebih mudah dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya yang memiliki basis bahasa C atau C++. Dengan begitu, setiap objek yang teralokasi dengan dinamis dapat dikumpulkan pada satu garbage collector.
  4. Memiliki concurrency. Concurrency itu sendiri adalah kemampuan yang dimiliki sebuah program untuk terbagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang bisa berfungsi sendiri.
Kekurangan
  1. Interface yang terlalu implisit. Interface merupakan batas bersama ketika dua atau lebih komponen di dalam komputer yang saling bertukar informasi. GoLang memang dilengkapi dengan interface, tapi sifatnya yang implisit sulit bagi pengguna untuk mengetahui isi komposit datanya. Pengguna hanya bisa mengetahuinya apabila program sudah di kompilasi.
  2. Dukungan library yang belum memadai. Dikarenakan GoLang masih tergolong baru,library yang disediakan juga masih sedikit. Library yang sedikit ini menyebabkan penggunanya kebanyakan masih harus membuat program sendiri apabila menginginkan sesuatu.
  3. Tidak bisa menggunakan fungsi yang sama untuk koleksi data yang berbeda. Berbeda dengan Java, pada GoLang tidak bisa dilakukan secara berulang. Walaupun fungsi yang dimiliki oleh GoLang tergolong canggih, kode-kode fungsi yang digunakan tidak bisa dimanfaatkan oleh koleksi data yang berbeda.
Nah. sampailah kita pada akhir dalam pembahasan pengenalan GoLang. Point-point yang dijelaskan diatas dapat menjadi acuan kalian untuk mengumpulkan niat "apakah saya mau mempelajari bahasa ini". Oh iya, kelebihan dan kekurangan GoLang yang disebutkan diatas menunjukkan bahwasannya GoLang lebih cocok untuk kamu-kamu semua yang bekerja dengan byte. Apabila kamu-kamu yang bekerja menggunakan data, dirasa GoLang kurang ideal untuk menghadlenya menurut saya. 

0 Response to "Yuk Berkenalan Dengan GoLang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel