Apa itu Media Komunikasi? | duniapemrogramanque


duniapemrogramanque.blogspot.com - Hallo semuanya, kembali lagi dengan penulis. Kali ini penulis akan menjelaskan tentang media komunikasi secara gamblang, mulai dari pengertian dari media, komunikasi, media komunikasi, fungsi media komunikasi, karakteristik media komunikasi dan berbagai bentuk dari media komunikasi. Buat yang penasaran mari kita lihat artikelnya!


Apa itu Media?

Secara umum, media memiliki pengertian adalah suatu alat perantara yang memiliki fungsi untuk menyampaikan sebuah pesan dari suatu sumber ke sang penerima pesan. Secara etimologi kata "media" berasal dari bahasa latin, yakni "Medius" yang memiliki arti "Tengah, Perantara, atau Pengantar". Penggunaan istilah "media" umumnya merujuk pada sesuatu yang dijadikan wadah, alat, atau sarana yang digunakan untuk melakukan komunikasi.

Apa itu Komunikasi?

Komunikasi memiliki pengertian adalah suatu aktivitas penyampaian sebuah informasi. Baik itu pesan, ide, atau gagasan dari suatu pihak ke pihak lainnya. Biasanya aktivitas komunikasi ini dilakukan secara verbal atau lisan sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling mengerti. Komunikasi yang dinilai baik adalah komunikasi yang dapat dipahami oleh kedua belah pihak yang sedang melakukan komunikasi. Selain dengan cara verbal, komunikasi juga dapat dilakukan dengan bahasa tubuh atau gesture untuk suatu tujuan tertentu

Jadi. Apa Sih Maksud dari Media Komunikasi?

Setelah kalian mengerti pengertian masing-masing dari media dan komunikasi baru lah kita akan masuk kedalam inti pembahasan ini mengenai media komunikasi. Media komunikasi sendiri memiliki pengertian yakni suatu alat atau sarana yang dapat digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan dari komunikator atau sumber pesan kepada publik atau sang penerima pesan. 

Media juga merupakan sebuah jendela yang memungkinkan semua orang untuk melihat lingkungan yang lebih jauh dari sekedar lingkungan sekitar dirinya sendiri. Media komunikasi juga dijelaskan dapat dipakai untuk memproduksi, mengolah, serta mendistribusikan penyampaian sebuah informasi. 

Media komunikasi sangat berperan penting untuk kehidupan seluruh masyarakat. Sederhananya, media komunikasi merupakan perantara dalam penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan yang memiliki tujuan untuk efisiensi dalam penyebaran pesan atau informasi.

Apa Fungsi dari Media Komunikasi?

Media komunikasi memiliki beberapa fungsi dari beberapa segi diantaranya adalah:
  1. Segi Efektifitas. Media komunikasi akan mempermudah dalam segi penyebaran informasi.
  2. Segi Efisiensi. Media komunikasi akan mempercepat penyampaian sebuah informasi.
  3. Segi Konkrit. Media komunikasi akan membantu mempercepat isi pesan yang memiliki sifat abstrak.
  4. Segi Motivatif. Media komunikasi akan lebih atraktif dan akan memberikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Apakah Media Komunikasi Memiliki Karakteristik?

Jawabannya tentu saja, media komunikasi juga memiliki karakteristik sendiri diantarannya adalah:
  1. Karakteristik Intra Personal. Pikiran merupakan umpan balik yang diterima oleh pribadi seseorang dan hanya memutar dalam diri sendiri. Contohnya: sikap dan perilaku.
  2. Karakteristik Inter Personal. Seluruh panca indera digunakan sebagai umpan balik dari sebuah informasi yang disampaikan, baik itu secara tertulis, lisan, isyarat, serta arus pesan dua arah.
  3. Karakteristik Media Massa. bersifat melembaga, satu arah, meluas dan serempak serta menggunakan peralatan teknis atau mekanis dan bersifat terbuka.
  4. Karakteristik Media Publik. diterima oleh semua alat indera baik lisan maupun isyarat arus pesan yang disampaikan bisa satu atau dua rah banyak dan terbatas serta memiliki efek tinggi terhadap perilaku, akan tetapi rendah terhadap kognitif.

Apa Sajakah Bentuk dari Media Komunikasi?

Bentuk dari media komunikasi diantaranya adalah:

  • Media Cetak
segala jenis barang/media komunikasi yang dapat dilakukan melalui proses pencetakan dan dapat dipergunakan sebagai sarana penyampaian pesan atau informasi. Contoh : surat kabar, buku, brosur, majalah dan buletin
  • Media Visual
penerimaan pesan yang tersampaikan melalui panca indera dan dapat dilihat . Contoh : gambar dan Foto.
  • Media Audio
penerimaan pesan yang tersampaikan dengan melalu indera pendengaran. Contoh: Radio dan Tape recorder.
  • Media Audio Visual Aid (AVA)
media komunikasi yang dapat dilihat dan juga dapat didengar, untuk mendapatkan informasi secara bersamaan. Contoh : televisi

Nah sampailah kita pada akhir pembahasan mengenai media komunikasi. Semoga kalian memperoleh pengetahuan baru dan tetap semangat belajar. FIGHTING!!

0 Response to "Apa itu Media Komunikasi? | duniapemrogramanque"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel