Teknologi? - Mari Kita Bahas | duniapemrogramanque


duniapemrogramanque.blogspot.com - Hallo semuanya, kembali lagi dengan penulis. Kali ini penulis akan menjelaskan tentang teknologi secara gamblang, mulai dari pengertian dari teknologi, manfaat dari teknologi, jenis-jenis dari teknologi, sejarah dari teknologi, dan efek negatif dari teknologi. Buat yang penasaran mari 
kita lihat artikelnya!

Apa itu Teknologi?

Pengertian dari teknologi itu sendiri secara umum adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai keterampilan dalam menciptakan suatu alat, metode pengolahan, dan ekstraksi suatu benda guna membantu penyelesaian suatu masalah.

Ada juga yang mengatakan bahwa teknologi adalah segala sarana dan prasarana yang diciptakan oleh manusia untuk menyediakan berbagai barang yang diperlukan untuk mendukung keberlangsungan kehidupan manusia itu sendiri. Secara etimologis, teknologi berasal dari yunani yakni "technologia" dimana arti kata tech ialah keahlian dan logia yang berarti pengetahuan.

Apa Manfaat Teknologi bagi Manusia?

Teknologi itu sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia diantaranya adalah:

1. Bidang Informasi dan Komunikasi

Manfaat yang paling besar dari teknologi bagi manusia terletak pada bidang informasi dan komunikasi. Kenapa? dikarenakan bila dulu kita untuk berkomunikasi dengan seseorang yang jauh disana harus menggunakan surat ataupun telepon rumah. Kini, semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kita bisa menggunakan smartphone saja. Kita bisa melakukan video call, kirim email, chattingan, social media dll hanya dengan menggunakan smartphone tadi.

2. Bidang Ekonomi dan Bisnis

Terdapat banyak sekali manfaat perkembangan teknologi yang dirasakan oleh manusia pada bidang ini. Contohnya adalah adanya mesin ATM dan Internet Banking yang mampu memudahkan urusan transaksi pembayaran.

3. Bidang Pendidikan

Teknologi juga cukup berperan pada bidang pendidikan. Dibuktikan dengan semakin majunya teknologi maka muncul juga istilah baru dalam dunia pendidikan dengan namanya "E-Learning", E-learning ini memiliki maksud adalah sebuah metode pembelajaran dimana seorang siswa tidak harus berada di dalam kelas untuk mendapatkan sebuah ilmu baru oleh gurunya. Kok bisa? tentu saja bisa, siswa hanya tinggal masuk ke dalam sebuah website pembelajaran dan belajar melalui smartphone ataupun komputer yang ada dirumah atau diwarnet terdekat dari rumahnya.

4. Bidang Transportasi

Teknologi sedikit tidaknya juga merubah pola kehidupan masyarakat kita. Zaman dahulu orang untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya menggunakan sapi atau kuda dan membutuhkan perbekalan yang tidak sedikit dan waktu yang cukup banyak. Kini orang sudah menggunakan mobil, motor, dan pesawat yang mana sangat cepat dan nyaman.

5. Bidang Medis

Manfaat dari teknologi juga dirasakan pada bidang medis dimana ditemukannya berbagai metode pengobatan terbaru, alat-alat yang mendukung, dan obat-obatan terbaru yang membantu dokter untuk mengobati pasiennya.

Bagaimana Sejarah Teknologi?


Berbagai macam inovasi senantiasa terus berkembang selama abad pertengahan berlangsung. Teknologi abad pertengahan banyak menggunakan mesin sederhana seperti halnya tuas, baut, dan katrol yang digabung untuk membentuk peralatan lain yang lebih kompleks.
Pada zaman renaisans, ditemukan mesin cetak yang memungkinkan adanya dokumenstasi pengetahuan yang lebih luas dan teknologi juga semakin menunjukkan keterkaitannya dengan sains. Kemajuan teknologi di abad ini dikatakan lebih stabil sehingga dapat membuat cadangan makanan dan barang menjadi lebih stabil pula.
Revolusi industri di Inggris pada abad ke-18 merupakan babak awal adanya penemuan teknologi-teknologi baru dalam bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, dan lain sebagainya. Kemajuan sains dan penemuan berbagai konsep telah memungkinkan adanya perkembangan teknologi ke arah yang lebih maju dan setingkat lebih tinggi dari jaman sebelumnya. Pada akhir abad 19 dan awal abad 20-an, teknologi di bidang transportasi mulai berkembang pesat. Seperti, kereta api dan pesawat terbang.
Kemudian pada abad 20 semakin banyak penemuan-penemuan baru. Misalnya dalam bidang fisika, ditemukan adanya fisi nuklir yang memicu adanya penemuan di bidang senjata dan tenaga nuklir. Komputer juga semakin mengecil ukurannya berkat adanya transistor dan sirkuit yang terintegrasi. Selain itu, perkembangan teknologi informasi juga sangat pesat di abad ke-21. Yaitu, dengan ditemukannya internet yang mereformasi total tentang media informasi.
Di samping itu, teknik manufaktur maupun konstruksi yang kompleks diperlukan untuk membuat dan menjaga seluruh teknologi terbaru ini. Mereka juga tidak lupa bahwa terdapat kewajiban untuk mendukung dan mengembangkan generasi terbaru sehingga muncul berbagai macam peralatan di bidang teknologi yang lebih kompleks. Teknologi modern juga sangatlah bergantung pada pelatihan dan pendidikan, serta seringkali membutuhkan pengetahuan dan pelatihan tertentu dari user atau juga pemakainya.

 Apa Efek Negatif dari Teknologi?

Teknologi juga memiliki beberapa efek negatif diantaranya adalah:
  1. Manusia mulai tergantikan oleh mesin. Mengakibatkan banyaknya pengangguran
  2. Penyalahgunaan teknologi. Semisal membuka situs porno
  3. Banyaknya berita hoax atau bohong.
Nah berikut merupakan penjelasan mengenai teknologi yang telah penulis buat. Semoga kalian paham mengenai teknologi dan dapat menggunakannya secara bijak.


0 Response to "Teknologi? - Mari Kita Bahas | duniapemrogramanque"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel