Tutorial Instalasi Codeigniter Versi 4 - duniapemrogramanque.blogspot.com

Setelah kita membahas mengenai pengetahuan dasar di codeigniter sebelumnya.
Nah sekaranglah saatnya kita untuk mencoba instalasi dan menjalankan codeigniter di laptop/komputer kita

Instalasi Komposer


Komposer dapat digunakan dalam beberapa cara untuk menginstal CodeIgniter4 pada sistem Anda.
cek link berikut apabila anda belum melakukan instalasi komposer:  tutorial instal composer
Dua teknik pertama menjelaskan membuat proyek kerangka menggunakan CodeIgniter4, yang kemudian akan Anda gunakan sebagai basis untuk webapp baru. Teknik ketiga yang dijelaskan di bawah ini memungkinkan Anda menambahkan CodeIgniter4 ke webapp yang ada,

Dalam folder di atas root proyek Anda:
composer create-project codeigniter4/appstarter project-root -s rc

Perintah di atas akan membuat folder "proyek-root". Jika Anda menghilangkan argumen "project-root", perintah itu akan membuat folder "appstarter", yang dapat diubah namanya sesuai keperluan. Jika Anda tidak perlu atau ingin phpunit diinstal, dan semua dependensi komposernya, maka tambahkan opsi “–no-dev” ke akhir baris perintah di atas. Itu hanya akan menghasilkan kerangka kerja, dan tiga dependensi tepercaya yang kami bundel, dipasang oleh komposer.

Menjalankan CodeIgniter 4

  1. Unggah folder dan file CodeIgniter ke server Anda. File index.php akan berada di folder publik di dalam root proyek Anda.
  2. Buka aplikasi / Config / App.php file dengan editor teks dan atur URL basis Anda. Jika Anda ingin menggunakan enkripsi atau sesi, atur kunci enkripsi Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fleksibilitas, baseURL dapat diatur dalam file .env sebagai app.baseURL = “http://example.com”.
  3. Jika Anda berniat menggunakan database, buka file aplikasi / Config / Database.php dengan editor teks dan setel pengaturan database Anda.
Untuk keamanan terbaik, baik sistem dan direktori aplikasi apa pun ditempatkan di atas akar web sehingga mereka tidak dapat diakses langsung melalui browser. Secara default, file .htaccess disertakan di setiap direktori untuk membantu mencegah akses langsung, tetapi yang terbaik adalah menghapusnya dari akses publik sepenuhnya jika konfigurasi server web berubah atau tidak mematuhi .htaccess.

Local Development Server

CodeIgniter 4 dilengkapi dengan server pengembangan lokal, memanfaatkan server web bawaan PHP dengan perutean CodeIgniter. Anda dapat menggunakan skrip servis untuk menjalankannya, dengan baris perintah berikut di direktori utama:
php spark serve
Ini akan meluncurkan server dan sekarang Anda dapat melihat aplikasi Anda di browser Anda di http: // localhost: 8080.
Jika Anda perlu menjalankan situs pada host selain dari hanya localhost, Anda harus menambahkan host ke file host Anda terlebih dahulu. Lokasi pasti file bervariasi di setiap sistem operasi utama, meskipun semua sistem tipe unix (termasuk OS X) biasanya akan menyimpan file di / etc / hosts.
Server pengembangan lokal dapat dikustomisasi dengan tiga opsi baris perintah:
1. Anda dapat menggunakan opsi --host CLI untuk menentukan host lain untuk menjalankan aplikasi di:
php spark serve --host=example.dev
2. Secara default, server berjalan pada port 8080 tetapi Anda mungkin memiliki lebih dari satu situs berjalan, atau sudah memiliki aplikasi lain menggunakan port itu. Anda dapat menggunakan opsi --port CLI untuk menentukan yang lain:
php spark serve --port=8081
3. Anda juga dapat menentukan versi PHP tertentu yang akan digunakan, dengan opsi --php CLI, dengan nilainya yang diatur ke jalur PHP executable yang ingin Anda gunakan:
php spark serve --php=/usr/bin/php7.6.5.4

Itu dia!
Jika Anda baru mengenal CodeIgniter, baca bagian Memulai dari Panduan Pengguna untuk mulai belajar cara membuat aplikasi PHP dinamis. Nikmati!

0 Response to "Tutorial Instalasi Codeigniter Versi 4 - duniapemrogramanque.blogspot.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel