Tips Aman Menggunakan Zoom

File:Zoom Communications Logo.svg - Wikimedia Commons

Beberapa waktu belakangan ini sebuah aplikasi video call bernama zoom sering digunakan. Zoom kini dianggap sebagai aplikasi video conference yang paling populer. Anjuran physical distancing dan lockdown di sejumlah negara membuat banyak orang harus melakukan pertemuan secara virtual. Zoom pun menjadi pilihan karena mudah digunakan dan gratis.
Namun ternyata keamanan Zoom akhir-akhir ini menjadi sorotan. Pasalnya, terdapat beberapa laporan soal Zoombombing, yakni saat ada orang yang tidak diundang masuk ke pertemuan virtual Zoom dan melakukan hal yang mengganggu. Sepertu dilansir melalui Kumparan, berikut ini beberapa cara aman untuk melakukan video conference di Zoom yang perlu Anda ketahui:

UPDATE

Pertama-tama update aplikasi zoom ke versi terbaru.  Setelah mengupdate aplikasi tersebut, anda dapat mengubah dan menyesuaikan pengaturan keamanan.

MENYESUAIKAN PENGATURAN KEAMANAN

Buka Pengaturan, lalu pada dialog Schedule Meeting, matikan opsi Join Before Host. Jika anda merupakan host, fitur ini membuat peserta yang akan bergabung dalam rapat dimasukkan dalam Waiting Room atau ruang tunggu hingga Anda online.
Pastikan juga Only authenticated users can join meetings dan Require a password when scheduling new meetings aktif. Pada dialog In Meeting (Basic) klik kotak kecil di samping Prevent Participant from Saving Chat. Akan muncul tanda centang jika berhasil. Tindakan ini mencegah peserta rapat menyimpanan salinan obrolan yang dapat dibagikan di luar.

JANGAN BAGIKAN TAUTAN SEMBARANGAN

Bagikan tautan rapat, ID, dan password hanya kepada orang-orang yang akan mengikuti pertemuan atau mengikuti video conference bersama anda. Fitur ganti background di Zoom tidak hanya digunakan untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik dan lucu. Anda disarankan untuk mengganti background dengan gambar lain agar lokasi tempat tinggal tidak terdeteksi dengan mudah. Jika semua peserta telah hadir, sebaiknya kunci dengan fitur ‘lock meeting’ agar tidak ada lagi orang yang bisa bergabung dalam pertemuan tersebut. Cara mengaktifkan Lock Meeting adalah pada jendela sesi, klik Manage Participant > Klik MoreLock Meeting.

Pastikan Anda memiliki firewall dan perangkat keamanan komputer yang sesuai dan aktif. Selalu update firewall dan anti virus. Jika memungkinkan, host dan peserta dapat menggunakan VPN untuk meningkatkan keamanan saat menggunakan Zoom.

1 Response to "Tips Aman Menggunakan Zoom"

  1. menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
    AJOQQ menyediakan 8 permainan seru :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel