Pengertian HTML beserta Fungsi HTML


Pengertian HTML

HTML adalah sebuah akronim dari  HYPER TEXT MARKUP LANGUANGE yaitu sebuah bahasa program standar yang dapat digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang mana sebuah halaman web yang sudah kita buat dapat diakses untuk dapat menampilkan menampilkan link antar file dalam sebuah situs ataupun masih didalam komputer yakni masih berada di localhost. (pasti kalian semua bingung kan dengan localhost? tenang. akan ada pembahasan khusus untuk localhost).

Supaya dapat menghasilkan sebuah tampilan wujud yang terintegrasi. Dalam pemformatannya dilakukan dengan format HYPERTEXT sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII (Standard Code for Information Interchange) sehingga menjadi sebuah halaman web dengan perintah-perintah HTML.
HTML itu sendiri merupakan bahasa yang banyak dipakai di dunia percetakan atau penerbitan yang disebut dengan bahasa SGML (Standard Generalized Markup Languange).

Sekarang ini bahasa HTMLmerupakan sebuah bahasa standar atau bisa disebut sebuah format yang dipakai dalam standar internet yang dibuat oleh sebuah badan khusus yang bernama W3C (World Wide Web Consortium). Pada tahun 1989. lahir lah sebuah bahasa yang bernama HTML bahasa tersebut dibuat oleh Tim Berners-Lee dan Robert Caliiu ketika mereka berkolaborasi di CERN (CERN itu sendiri merupakan sebuah lembaga penelitian fisika di jenewa).
HTTP atau yang biasa disebut Hyper Text Transfer Protokol adalah sebuah yang digunakan untuk mentransfer data atau document yang berformat HTML dari web server ke sebuah web browser 

FUNGSI HTML

HTML adalah sebuah bahasa yang menggunakan tanda tanda tertentu atau yang biasanya kita sebut dengan Tag. Tag itu sendiri digunakan untuk menyatakan baris kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan dengan benar.
Secara general, fungsi dari HTML adalah untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga sebuah dokumen dapat diakses dan ditampilkan di internet melalui sebuah halaman web. 
untuk lebih spesifiknya fungsi dari html yakni sebagai berikut:

1.  Memudahkan Pengguna

Semua halaman website yang terdapat di internet (termasuk tulisan dan web ini juga menggunakan HTML) telah menggunakan HTML dan tentunya hal tersebut memudahkan penerjemahan komputer sehingga akhirnya dapat dibaca dan dipahami lebih mudah oleh pengguna. itu merupakan fungsi utama dari HTML.

2. Menandai Text Pada Suatu Laman

fungsi berikutnya adalah menandai text pada suatu laman. Pasalnya, bahasa ini ditulis menggunakan Tag atau simbol tertentu untuk membuat tulisan tebal, miring, dan garis bawah, dan lainnya. semisal untuk membuat huruf tebal digunakan Tag B. Tag B itu sendiri contohnya <b> isi </b>. maka akan menghasilkan kata seperti isi.

3. Sebagai Dasar Bahan Website

Meskipun sebenarnya website itu sendiri tidak dapat berdiri sendiri dengan hanya mengandalkan bahasa HTML. Dalam membangun sebuah website itu sendiri minimal menggunakan bahasa seperti:
  1. HTML
  2. JAVASCRIPT
  3. CSS
  4. PHP
tetapi bahasa HTML merupakan sebuah bahasa basic atau fundamental yang dapat digunakan dalam membangun sebuah website.

4. Untuk Menampilan Gambar, Video, Tabel, dan Sebagainnya

Pada dasarnya website tidak dapat menampilkan Gambar, Video, Tabel secara langsung tanpa menggunakan bahasa HTML. kalaupun dalam sebuah website dapat menampilkannya dikarenakan didalamnya sudah terdapat bahasa HTML.

5. Menandai Elemen dan Membuat Form Online

Selain hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Bahasa HTML juga dapat di fungsikan sebagai untuk menandai bagian-bagian elemen pada website seperti:
  1. Membuat Header
  2.  Membuat Navigation
  3. Membuat Footer
  4. Membuat Form
segitulah penjelasan yang dapat penulis jabarkan dalam artikel kali ini. untuk artikel-artikel lainnya tentang pemrograman akan dijelaskan pada artikel berikutnya.
STAY HEALTY AND KEEP CODING!!

1 Response to "Pengertian HTML beserta Fungsi HTML"

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel