Apa itu PHP? - Berikut Penjelasannya


Hallo semuanya :) apa kabarnya? semoga sehat selalu ya kawan-kawan. Disini penulis kembali lagi untuk menceritakan sesuatu yang menyangkut dalam program-program, kali ini penulis akan menceritakan apa sih PHP itu. Oh iya PHP disini bukan Pemberi Harapan Palsu ya (*hehehehe). Tetapi, suatu bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan aplikasi web atau nama lainnya web development, daripada penulis memperpanjang kata-kata dan kalian mulai bosan lebih baik penulis mulai saja ya penjelasannnya.

PENGERTIAN

PHP atau yang nama lainnya adalah Hypertext Preprocessor adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi atau sistem berbasis web yang dinamis. PHP sendiri dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1955, dan sekarang PHP itu sendiri juga dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi dari PHP beralamat pada https://www.php.net/.

PHP sering juga disebut dengan bahasa Server Side dikarenakan bahasa ini hanya di proses pada sisi server. Bahasa pemrograman PHP dapat membantu anda dalam mengembangkan aplikasi web yang cukup kompleks, cepat, dan handal. Selain itu pada bahasa pemrograman PHP juga terdapat banyak sekali framework yang dapat anda gunakan untuk mempermudah anda dalam mengembangkan sebuah aplikasi baru.

FUNGSI

Dalam membuat sebuah aplikasi web, sebenarnya PHP bukanlah aplikasi wajib yang harus digunakan dalam pengembangan aplikasi web. Kita bisa juga mampu membangun web hanya dengan bermodalkan HTML dan juga CSS. Namun, web yang kita hasilkan akan bersifat statis atau biasa disebut dengan web statis, dimana konten yang ada di dalam web tersebut bersifat tetap. Sebagai perbandingan apabila kita menggunakan PHP didalam pengembangan aplikasi web kita (HTML, CSS, dan PHP) maka kita akan mampu membuat sebuah aplikasi web yang sifatnya dinamis. Dinamis disini maksudnya adalah konten yang kita miliki mampu menyesuaikan situasi, dimana web dinamis ini juga mampu menyimpan data kedalam sebuah database dan akan menampilkannya sesuai inputan yang dimasukkan oleh user sebelumnya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Berikut merupakan kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman PHP yakni:
  1. Banyak web server yang mendukung PHP. Misalnya Apache, Nginx, IIS dan lain-lain.
  2. PHP mudah untuk dipelajari.
  3. Bersifat Open Source.
Setelah kita mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh PHP berikut adalah kekurangannya yakni:
  1. Apabila sang programmer tidak ambil pusing terhadap keamanan maka aplikasi yang dibuat akan sangat rentan.
nah telah sampailah kita pada ujung penjelasan kita mengenai PHP. Bagaimana? apakah kalian tertarik untuk mendalami PHP? nah kalau kalian tertarik tenang saja akan ada penjelasan yang lebih rinci mengenai bahasa pemrograman satu ini, dikarenakan penulis sendiri seorang programmer bagian web. Apabila kalian bingung mengenai sesuatu tentang pengembangan web silahkan saja komen apa yang mau kita bahas berikutnya. Inshaa allah penulis akan buat penjelasan mengenai permasalahan kalian See Ya
Happy Coding :)

0 Response to "Apa itu PHP? - Berikut Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel