Apache? Apakah itu? Berikut Penjelasannya

Hello semuanya :) kembali lagi dengan saya disini. Bagaimana kabar kalian semua? semoga tetap dalam keadaan sehat ya, kali ini saya akan menjelaskan apa itu Apache. Buat yang belum tau, ituloh yang sering nongol dalam Xampp yang paling atas :)  *hahahahaha daripada kalian terus bertanya-tanya apa sih Apache tersebut baiklah akan saya jelaskan.

Pengertian

Apache adalah salah satu nama dari web server yang memiliki tanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail. 

Cara Kerja

Apache memiliki cara kerja pada saat visitor loading halaman tertentu pada website anda, browser visitor mengirimkan permintaan atau request pada server anda dan Apache menjawab permintaan yang telah diajukan sebelumnya oleh visitor dengan mengirimkan file (Seperti: gambar, text, dll). Server dan klien saling berkomunikasi menggunakan protokol HTTP dan Apache lah yang memiliki beban tanggung jawab terhadap kelancaran komunikasi yang dilakukan oleh keduanya.

Apache meski sering disebut sebagai web server. Apache tidaklah hadir dalam bentuk fisik, melainkan hadir dalam bentuk software yang mampu menjalankan sebuah server. Apache merupakan software multi platform, maka dari itu software ini mampu di jalankan di server unix ataupun windows.

Kelebihan dan Kekurangan

Apache merupakan salah satu pilihan terbaik dalam menggunakan web server. Tetapi, harus diingat juga apache juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan Apache sebagai web server:
KELEBIHAN
  1. Open source dan gratis.
  2. Handal dan juga stabil
  3. Update secara berkala oleh developer.
  4. Mudah untuk dikonfigurasi bahkan oleh pemula
  5. Multi platform
  6. Komunitas yang besar diseluruh dunia
KEKURANGAN
  1. Apabila traffic melonjak akan terjadi pengurangan performa
  2. Apabila salah dalam konfigurasi akan menyebabkan kerentanan pada keamanan website

Instalasi

Apache dapat diinstal di lokal ataupun sudah di internet. Apabila teman-teman ingin melakukan instalasinya dapat melihat postingan saya sebelumnya di Cara Install Apache Offline

Nah telah sampailah kita pada ujung artikel ini. Apakah kalian sudah paham sedikit mengenai Apache? semoga sudah ya. Ingat teruslah belajar dan pantang menyerah (*kecuali nyerah untuk dapatkan hati dia yang telah diambil om2 gitu :D )
HAPPY CODING :)


0 Response to "Apache? Apakah itu? Berikut Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel