MySql (Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan)


Hello semua selamat pagi. Bagaimana kabarnya di hari minggu yang cerah ini? apakah malam minggu kemarin dapat jatah kah dari pacarnya? (*wkwkwkwkwkw) untuk yang jomblo tenang saja akan indah kok pada waktunya buat kalian? *Kapan bahagianya kak? (ya tunggu aja wkwkwkw). Baiklah sekiranya cukup untuk basa basinya, sekarang saatnya mulai serius. Saya sekarang akan menjelaskan semua yang berbau tentang sql (*Note: Basic yg akan dijelaskan) untuk yang sudah tidak sabar baiklah saya mulai saja ya.

Pengertian

Sebelum masuk ke MySQL kalian harus tau dahulu apa itu SQL, SQL sendiri ialah suatu bahasa yang dapat digunakan untuk mengakses suatu atau kumpulan data dalam sebuah database relasional sedangkan Mysql ialah sebuah perangkat lunak atau software yang memiliki peran khusus sebagai software yang mampu memanajemen sebuah database (DBMS) *Note: DBMS itu Database Management System. Mysql sendiri itu agak mirip seperti microsoft Acces nya windows tetapi disini MySql itu adalah open source yakni dapat digunakan oleh khalayak ramai tanpa harus kita membayar lisensi kepada pengembang software tersebut

Sejarah

Mysql itu sendiri beridiri pada tahun 1979 oleh seorang programmer asal Swedia yang bernama Michael "Monty" Widenius. Monty ini awalnya mengembangkan suatu sistem database sederhana yang bernama UNIREG. UNIREG itu sendiri masih menggunakan low level database indexing dan pada saat itu juga Monty merupakan salah satu karyawan perusahaan yang bernama TcX.
Pada tahun 1994 perusahaan TcX sangat tertarik pada karya yang dibuat oleh Monty dan mulai merencanakan akan menggunakan UNIREG sebagai sistem Database yang akan mereka jalankan. Namun, TcX beranggapan UNIREG tidak cocok database yang dinamis seperti WEB, kemudian TcX sendiri mulai mencari alternatif-alternatif lain sampai mereka menemukan seseorang yang bernama David Hughes yang beliau sendiri mengembangkan aplikasi mSql (Mini Sql). Namun, lagi-lagi TcX menemukan problem dalam mSql yakni mSql tidak mendukung indexing sehingga dianggap kurang bagus.
Pada tahun 1995 David Hughes, TcX, dan Monty mulai bekerja sama membangun sebuah aplikasi yang mampu menanggulangi problem yang mereka hadapi. Dan pada bulan Mei tahun 1995 mereka memperkenalkan MySql, inilah tonggak dari perkembangan MySql kedepannya hingga sampai akhirnya MySql itu sendiri saat ini dikelola oleh perusahaan ORACLE.

Fungsi

Fungsi dari MySql itu sendiri adalah untuk membuat dan mengelola database secara terstruktur.

Kelebihan dan Kekurangan

baiklah sebagaimana sebuah software tentu tak luput dari kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan
MySql berikut kelebihan dan kekurangan dari Mysql versi penulis:

KELEBIHAN

  1. Free dan multiplatform.
  2. Dapat digunakan untuk pengembangan bahasa pemrograman yang lain seperti: Net, Java, Pyhton, Pearl, dan PHP.
  3. MySql dapat terintegrasi dengan Hosting.
 KEKURANGAN
  1. Dikarenakan lisensinya free sangat sulit untuk mendapatkan update yang bersifat urgent
  2. Kurang mampu untuk menyelesaikan data yang besar (Big Data)
Baiklah sekiranya itu saja yang mampu admin sampaikan mengenai Mysql. Untuk yang masih bingung silahkan tinggalkan pertanyaannya  di kolom komentar.
HAPPY CODING :)

1 Response to "MySql (Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel