Apa itu Yii2 Framework? - Mari Kita Bahas


duniapemrogramanque.blogspot.com - Framework yii2 merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai kerangka kerja (Framework) PHP yang memiliki basis komponen performa tinggi untuk membuat sebuah aplikasi web yang memiliki skala yang besar (Enterprise). Framework yii menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman web dan mampu meningkatkan kecepatan dalam pengembangan aplikasi web secara signifikan.

Baca juga: Apa itu Framework?

Seperti kebanyakan framework PHP lainnya, yii2 juga menerapkan MVC framework dan yii2 mampu melampaui framework lainnya dalam hal efisiensi, dikarenakan yii2 sudah menyiapkan fitur-fitur yang sudah didokumentasikan dengan baik untuk para penggunanya. Yii2 didesain untuk seorang programmer yang serius untuk mengembangkan aplikasi web.

Sebelum kita mendalami framework satu ini. Kita diharuskan untuk memahami skill OOP (Object Oriented Programming) dan beberapa kebutuhan hardware/software lainnya yakni:

  1. Laptop atau komputer.
  2. Web server contohnya XAMPP.
  3. Aplikasi yii2.
  4. Text editor seperti sublime text atau notepad++
Kemudian didalam yii2 ada beberapa hal juga yang harus dipahami bagi programmer pemula seperti:
  1. MVC (Model, View Controller): Yii2 menggunakan konsep MVC dalam arsitekturnya. Jadi sebelum terjun kedalam yii2 alangkah baiknya kalian paham OOP terlebih dahulu.
  2. ORM (Object Relational Mapping): Fitur pada yii2 yang akan membantu kamu dalam mengurusi relasi database yang rumit. 
  3. Widget: Merupakan konsep yang ada pada yii2 yang akan menyediakan komponen-komponen interface yang siap pakai. Seperti Grid, tree view, dan lain-lain.
  4. Extension: Merupakan kontribusi dari sesama pengguna yii2 dengan membuat widget, library, ataupun component yang bisa digunakan oleh pengguna lainnya.
  5. Security: Dalam yii2 untuk permasalahan keamanan sudah di handle oleh framework ini, jadi serangan seperti sql injection, XSS, CSRF, cookie tampering bisa dikatakan aman.
  6. Autentikasi error: Apabila kalian mengoding dan menemukan error dalam kodingan yang tengah kalian buat. Tenang saja, karna yii2 menyediakan pesan error khusus kepada kita bagian mana saja yang mengalami kendala. 
Bagaimana? apakah kalian tertarik untuk mempelajari framework yii2 lebih dalam? nantikan artikel mengenai yii2 di blog ini 

0 Response to "Apa itu Yii2 Framework? - Mari Kita Bahas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel