Apa itu CakePHP? - Mari Kita Bahas | duniapemrogramanque.blogspot.com


duniapemrogramanque.blogspot.com - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai salah satu framework dari PHP  yakni CakePHP. CakePHP dinilai sangat membantu para developer guna mempermudah dalam mengembangkan aplikasi yang sedang dikembangkannya. Nah buat yang penasaran mari kita bahas lebih dalam mengenai framework PHP satu ini.

Baca juga: Apa itu Framework?

Apa itu CakePHP?

Sebelum masuk kedalam pengertian dari CakePHP alangkah baiknya kita mengetahui sejarah singkat dari framework ini. CakePHP dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Cake Software Foundation.Inc dan memiliki rilis stabil pada versi 3.2.8 yang dikeluarkan pada 24 april 2016.

CakePHP merupakan sebuah rapid development framework yang bebas digunakan oleh siapa saja. CakePHP itu sendiri adalah sebuah kerangka kerja (framework) pada bahasa pemrograman PHP yang mana digunakan untuk mempermudah developer dalam mengembangkan aplikasi berbasis web. Framework ini mendukung untuk pengembangan bergaya RAD (Rapid Application Development), yang memungkinkan untuk digunakan dan dikembangkan menjadi aplikasi lain yang lebih kompleks.

CakePHP membuang semua proses monoton ketika mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web. CakePHP menyediakan semua library yang dibutuhkan dalam mengembangkan aplikasi web dan disini developer hanya perlu fokus untuk mengembangkan logic dari aplikasinya, untuk library sudah di urus oleh framework yang satu ini.

Apa Kelebihan yang Dimiliki CakePHP?

1. Code Development
Dengan CakePHP, anda dapat membuat sebuah aplikasi web yang dari sederhana hingga yang kompleks sekalipun. Dikarenakan dalam framework CakePHP ini untuk urusan codingan relatif lebih sederhana ketimbang yang lain.Lalu, konsep MVC (Model, View, Controller)  yang diaplikasikan pada framework ini juga mempermudah anda dalam mengembangkan sebuah aplikasi web. Selain itu, CakePHP juga terintegrasi dengan baik pada sistem manajemen basis data seperti MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server, dan SQLite. CakePHP juga memiliki beberapa fitur utama seperti scaffolding, code generate, dan conventions.

2. Security
Framework ini memiliki fitur keamanan yang mampu bekerja dengan sangat baik pada suatu situs. sebab framework ini dilengkapi dengan fitur keamanan seperti validasi data, cross site request forgery (CSRF), cross site scripting (XSS), SQL Injection. Lalu disamping itu, CakePHP juga memiliki tools untuk enkripsi data seperti SHA1, SHA256, MD5, Blowfish, dan AES-256.

3. Compatibility
Dalam framework CakePHP ini developer dipermudah untuk proses migrasi data.

4. Documentation
CakePHP memiliki dokumentasi yang lengkap, dari mulai dari proses instalasi hingga hal-hal teknis lainnya. Sangat sesuai bagi anda yang ingin mempelajari framework ini. Dokumentasi CakePHP ini juga menjelaskan perihal API dengan cukup rinci.

5. License
Seluruh code untuk CakePHP dinaungi oleh MIT dan dirilis secara open source sehingga gratis digunakan untuk siapa saja.

6. Community
salah satu hal yang menarik dari framework CakePHP ini adalah komunitasnya yang besar. Juga framework ini cukup ramai diperbincangkan di google dan stackoverflow.

0 Response to "Apa itu CakePHP? - Mari Kita Bahas | duniapemrogramanque.blogspot.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel