Mengenal JavaFX Secara Lengkap | duniapemrogramanque


duniapemrogramanque.blogspot.com - Pengembangan sebuah aplikasi akan lebih mudah jika menggunakan tools yang tepat, seperti pemilihan framework yang tepat. Framework yang baik ialah framework yang sesuai dengan kebutuhan sebuah aplikasi yang sedang kita kembangkan. Nah! salah satu framework yang cukup populer di kalangan developer yakni JavaFx. Kali ini penulis akan menjelaskannya satu persatu mengenai framework java satu ini secara lengkap.

Baca juga: mari membahas framework secara lengkap

Bagaimana Sejarah Awal JavaFx?

JavaFx pada awal mulanya dikembangkan oleh seseorang yang bernama Chris Oliver, ia mengembangkannya ketika dia bekerja untuk sebuah perusahaan yang bernama See Beyond Technology Corporation, yang kemudian perusahaan tersebut diakuisisi oleh sun microsystem pada tahun 2005. Lalu pada tahun 2007, sun microsystem mengumumkan JavaFx secara resmi pada Java One, sebuah konferensi besar yang diadakan setiap tahun. Lalu pada tahun 2008, JavaFx mulai terintegrasi pada netbeans. Kemudian pada tahun 2009, sun microsystem diakuisisi oleh Oracle Corporation dan mulai dirilisnya JavaFx 1.2. Dan versi terbaru dirilis pada 18 maret 2014.

Apa itu JavaFx?

JavaFx adalah sebuah library java yang dapat digunakan untuk membangun sebuah Rich Internet Application (RIA). Aplikasi yang dibangun menggunakan JavaFx dapat berjalan dengan lancar pada perangkat seperti desktop, handphone, TV, tablet,  dll.

Dahulu sebelum adanya JavaFx programmer Java untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang menggunakan GUI  harus menggunakan library yang bernama Advanced Windowing Toolkit dan Swings. Kini setelah munculnya JavaFx, programmer java dapat menggunakan library yang lebih banyak lagi.

Apa Fitur yang Dimiliki JavaFx?

  1. Ditulis pada bahasa pemrograman java.
  2. FXML
  3. Scene builder
  4. Swing interoperability
  5. Built in UI control
  6. CSS styling
  7. Canvas and printing API
  8. Integrated graphic library
  9. Graphic pipeline
Bagaimana? apakah kalian tertarik untuk menggunakan JavaFx setelah membaca artikel ini? tunggu artikel mengenai JavaFx di postingan selanjutnya.

happy coding :)

0 Response to "Mengenal JavaFX Secara Lengkap | duniapemrogramanque"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel