Mengenal Negara-Negara Asean Beserta Berbagai Jenis Peta Asean | duniapemrogramanque

duniapemrogramanque.blogspot.com - Hallo semuanya, apa kabar kah kalian semua? semoga dalam keadaan yang sehat-sehat saja. Kali ini penulis akan menjelaskan mengenai negara ASEAN beserta berbagai jenis peta ASEAN. Nah buat yang penasaran yuk kita baca dulu artikelnya.

Bagaimana Sejarah ASEAN Terbentuk?

ASEAN (Association of South East Asian Nations) dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN pada awalnya hanya beranggotakan 5 negara yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Singapura melalui penandatanganan deklarasi Bangkok.

Adanya keinginan yang kuat oleh para pendiri ASEAN guna menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, dan sejahtera.

Hal tersebut mengemuka dikarenakan pada tahun 1960-an kawasan Asia Tenggara dihadapkan dengan situasi rawan konflik, yakni perebutan pengaruh ideologi negara-negara besar dan konflik antar kawasan yang apabila terus dibiarkan dapat menggangu stabilitas kawasan hingga dapat menghambat pembangunan.

Saat ini ASEAN beranggotakan 10 negara, terjadi penambahan 5 negara yang bergabung dengan ASEAN sehingga negara asean sekarang yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Myanmar, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Laos

Bagaimana Kondisi Geografis Negara ASEAN?

Berikut merupakan kondisi geografis tiap negara ASEAN.



No.
Nama Negara
Letak Astronomis
Iklim
Kondisi Geografis
1.        
Indonesia
6 LU – 11 LS, 95 BT – 141 BT
Tropis Khatulistiwa
Negara kepulauan terbesar di dunia dan dilintasi oleh khatulistiwa. Indonesia memiliki relief yang beraneka ragam bentuknya dan dilalui oleh dua sirkum yaitu sirkum pasifik dan mediterania yang menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api. Selain itu Indonesia diapit oleh beberapa lempeng besar yang menyebabkan wilayahnya rawan gempa.
2.        
Malaysia
4 LU - 19 LU, 116 BT - 126 BT
Tropis Khatulistiwa
Malaysia terdiri atas dua kawasan utama yaitu Malaysia barat yang diliputi bentukan pegunungan. Dan Malaysia timur umumnya sempit dan berawa-rawa serta sungai-sungai yang pendek dan berkelok-kelok.
3.        
Filipina
5o LU – 21­­o LU, 117o BT – 126o BT
Tropis
Filipina merupakan negara kepulauan. Yang termasuk pulau besar adalah Luzon dan Mindanao. Filipina banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif. Filipina dilalui oleh deretan Pegunungan Sirkum Pasifik.
4.        
Singapura
1°15’LU – 1°30’LU, 103°38’BT – 104°BT.
Tropis
Luasnya hampir sama dengan kota Jakarta (664 km2). Keadaan alam negara Singapura pada umumnya relatif datar. Akan tetapi, dibeberapa tempat dijumpai perbukitan.

5.        
Thailand
5 'LU - 20 LU, 97 BT - 106 BT
Tropis
Thailand memiliki Topografinya berupa pemukaan tanah yang dilewati aliran sungai di bagian tengah; dataran tinggi di timur laut; hutan dan pegunungan serta bukit-bukit di sebelah utara; dan wilayah selatan kebanyakan berupa bukit-bukit. Daerah yang menjadi pusat kegiatan berupa dataran rendah di daerah aliran Sungai Chao Phraya.
6.        
Laos
14 LU – 22 LU, 100 BT – 107 BT
Tropis
Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang jalan masuk ke wilayahnya tanpa melalui laut. Sebagian besar wilayah Laos adalah daerah pegunungan dan wilayah lainnya merupakan dataran tinggi.
7.        
Myanmar
10o LU-29o LU, 92o BT – 101o BT
Tropis
Negara Myanmar terbentuk dari dua lipatan pegunungan di sebelah barat dan sebuah patahan blok di sebelah timur. Keduanya berjajar dari utara ke selatan. Jajaran sebelah barat mencakup deretan Pegunungan Letha, bukit Chin, dan Pegunungan Arakan Yoma yang diliputi hutan-hutan lebat.
8.        
Brunei Darussalam
4 LU - 5 LU, 114 BT - 115,5 BT
Tropis Khatulistiwa
Brunei terdiri atas pada dua wilayah yang terpisah, yaitu wilayah barat dan timur. Wilayah Brunei dikelilingi oleh wilayah Malaysia. Wilayah barat merupakan dataran rendah yang berawa-rawa. Pantai bagian utara Brunei merupakan daerah dataran yang relatif luas dan di wilayah ini terdapat Teluk Brunei
9.        
Kamboja
10 LU - 14 LU, 102 BT - 108 BT
Tropis basa dan kerik
Bentuk wilayah Kamboja menyerupai piring. Di bagian tengahnya terdapat dataran besar Tonle Sap, sedangkan bagian tepi dibentuk oleh deretan pegunungan Negara ini dilalui oleh DAS Mekong.  Sampai sekarang, Sungai Mekong merupakan sungai yang terpenting di Kamboja.
10.    
Vietnam
8o LU-23o LU, 102o BT – 109o BT
Bagian utara iklim sedang dan bagian selatan tropis
Secara geografis, Vietnam terdiri dari lima wilayah:
·  Daerah pegunungan utara.
·  Delta Sungai Merah.
·  Barisan Pegunungan Annam, yang berhubungan dengan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.
·  Garis pesisir pantai yang sempit antara Barisan Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan.
·  Delta Sungai Mekong di sebelah selatan Vietnam.


Peta Buta ASEAN

Peta Asean

Peta ASEAN

Peta Asean


0 Response to "Mengenal Negara-Negara Asean Beserta Berbagai Jenis Peta Asean | duniapemrogramanque"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel